Selamat Membaca

Semoga segala informasi yang ada di blog ini bermanfaat :)
"Ketika aku BERBAGI maka akau "ADA".
( Nur Faizin Angkatan 2010 )

Senin, 03 Desember 2012

STRUKTUR DAN FUNGSI KLOROPLAS


STRUKTUR DAN FUNGSI KLOROPLAS
            Kloroplas merupakan plastid yang mengandung pigmen hijau yang disebut klorofil, kloroplas juga hanya terdapat pada tumbuhan, kloroplas terbungkus oleh membran ganda dimana membran sebelah dalam tidak berlipat-lipat seperti halnya membran internal pada mitokondria. Kloroplas diperkirakan berasal dari proplastid yakni suatu organel yang tidak berwarna dan dapat dijumpai pada sel tumbuhan. Proplastid berukuran lebih kecil dari kloroplas dengan sedikit atau tanpa membran internal. Kloroplas dapat dilihat dengan mudah dengan mikroskop cahaya.
            Pada membran internal kloroplas terdapat pigmen fotosintesis, pigmen ini sering terdapat pada permukaan yang disebut thilakoid (yunani : kantong). Thilakoid yang menghubngkan granum satu dengan yang lain disebut stroma, pada stroma terdapat rongga yang disebut saluran (Channel). Pigmen utama pada membran thilakoid adalah klorofil a dan b, terdapat pula pigmen-pigmen kuning sampai jingga yang disebut karotenoid yang terbagi dua yakni karoten (murni hidrokarbon) dan xanthofil (mengandung oksigen).
            Pada membran eksternal tidak dijumpai klorofil tetapi umumnya dijumpai pigmen violaxanthin yakni suatu jenis pigmen xanthofil. Semua klorofil dan karotenoid terbenam atau melekat pada molekul protein oleh ikatan nonkovalen, sterol sangat jarang di jumpai pada membran thilakoid. Membran thilakoid bersifat cair sehingga senyawa-senyawa yang terbenam didalamnya bersifat mobil termasuk molekul-molekul protein dan pigmen-pigmen yang ada. Fungsi vital dari kloroplas adalah sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis. Pigmen yang terdapat pada membran thilakoid akan menyerap cahaya yang berasal dari metahari atau sumber cahaya lainnya, kemudian mengubah energi cahaya tersebut menjadi energi kimia dalam bentuk adenosin trifosfat (ATP) yang melalui serangkaian proses yang melibatkan eksistensi elektron.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar